Manfaat Buah Pir Untuk Menjaga Kualitas Tubuh Tetap Sehat

By | Desember 17, 2023

Manfaat buah pir memang menjanjikan untuk kesehatan tubuh, apalagi ketika kita sering mengkonsumsinya secara rutin untuk kesehatan. Pir memiliki rasa yang manis dengan ukurannya sedikit lebih besar dari apel dan pada bagian atas yang sedikit lebih tipis lalu bagian bawah yang membulat sehingga membuatnya berbentuk buah pir. Buah ini biasanya memiliki kulit kuning kehijauan di bagian luar dan daging putih lembut di bagian dalam, apalagi semua buah ini dapat dimakan. Dengan kesegaran akan kaya air pada buah ini, menjadikan khas dan banyak peminat yang sering mengkonsumsinya.

Manfaat Buah Pir

Berbagai Nutrisi Dan Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan Tubuh Ketika Rutin Mengkonsumsinya

Untuk satu porsi buah pir ini 80g dengan menyediakan 34Kkal atau 146 KJ, 0,2 gram Protein, 0,1 gram Lemak, 8.7g Karbohidrat, 2.2g Serat, 84mg Kalium. Satu buah pir 80g dihitung sebagai satu dari 5 porsi sehari para konsumen untuk satu buah berukuran sedang.

Dengan adanya buah pir, kebutuhan tubuh dalam hal nutrisi akan terpenuhi apalagi ketika merasakan kehausan, buah pir ini kaya akan air yang banyak. Maka bagi yang sering menjadikan santapan sehat sudah pasti memenuhi kebutuhan tubuh dan sangat segar ketika memakannya. Inilah beberapa manfaat buah pir untuk para konsumen yang menjadikan buah ini favoritnya, yaitu :

1. Dapat Membantu Kesehatan Pada Usus

Buah pir adalah sumber serat yang larut dengan baik, terdapat semakin banyak bukti tentang pentingnya serat. Perannya dalam kesehatan mikrobiota pada usus kita terdapat komunitas bakteri yang hidup di usus kita dan dalam mencegah obesitas dan diabetes tipe 2.

2. Manfaat Buah Pir Menanggulangi Resiko Diabetes Tipe 2

Sebuah penelitian yang mengamati manfaat flavonoid didalam kandungan buah pir. Menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi secara rutin dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2.

3. Dapat Membantu Mengatur Berat Badan

Buah pir ternyata rendah kalori dan tinggi serat serta air yang membantu membuat konsumen merasa kenyang. Sebuah penelitian yang menyelidiki efek menambahkan buah – buahan, seperti apel atau pir, ke dalam makanan dibandingkan gandum. Saat mengkonsumsi buah ini dapat membantu mengurangi konsumsi energi dan berat badan seiring waktu.

4. Dapat Memberikan Kesehatan Pada Jantung

Ternyata buah pir kaya akan flavonoid yang bermanfaat yang mendukung jantung dengan meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Secara khusus, sebuah penelitian yang mengamati asupan buah pir, menemukan adanya hubungan dengan peningkatan lipid darah pada wanita. Lalu menunjukkan bahwa pola makan yang kaya akan senyawa ini mungkin memiliki efek menguntungkan pada kesehatan jantung. Kemudian penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa mengonsumsi buah dan sayuran, khususnya buah-buahan seperti apel dan pir, dapat penurunan resiko stroke, dan penurunan resiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

5. Terdapat Sifat Pelindung Terhadap Kanker

Dengan kaya akan senyawa pelindung seperti antosianin dan asam sinamat, memasukan buah pir dalam makanan dapat membantu melindungi dari kanker juga.